CV. Wiratama Perkasa Engineering is the representative of valves, steam system and control system
FAQ Technical

Tata cara Penggantian Reflex Glass Boiler

Kalau penggantian reflex glass/Glass penduga boiler yang benar adalah :

1. Pastikan penggantian reflex glass dilakukan personel yang berkompeten

2. Pastikan boiler tidak dalam keadaan hidup sewaktu penggantian reflex glass

3. Apabila penggantian tetap pada keadaan cooling down, ambil tindakan safety first, misalkan pastikan cock bisa mengisolasi water steam dengan Body level gauge

4. Tutup cock atas, tutup cock bawah, buka drain cock ( air akan turun ke drain )

5. Buka Nut pn. 12 ( part list terlampir ) pada Cock atas dan cock bawah

6. Pastikan ada personel lainnya utk menahan BODY, kemudian keluarkan dari cock nya

7. Bawa BODY ke workshop, dan letakkan pada meja kerja. Jepit pakai bais bila perlu.

8. Buka / longgarkan mur / baut dari BODY level gauge, Mulai dari Tengah ke arah luar ( atas & bawah / kiri dan kanan ), dapat di lakukan 2 atau 3 kali pelonggaran sehingga mur / baut nya lepas dari BODY/ baut.

9. Untuk BR 14 atau BR 12, keluarkan center piece dari BODY, reflex glass juga akan ikut lepas, Untuk BTR 28 ( bi-color ) Keluarkan cover plate, reflex glass, center piece, dan reflex glass lagi.

10. Inspeksi komponen yang baru di lepas, pastikan gasket juga di copot, kalau terdapat gasket yang lengket di body/cover plate/center piece, bersihkan dan amplas pakai kertas pasir halus.

11. Apabila komponen Body/cover plate/center piece masih bagus, persiapkan spare reflex glass, tempatkan gasket yang material GRAPHITE di permukaan yang terimpose dgn media water steam, dan gasket material lainnya di sisi berlawanannya.

12. Pastikan gasket tidak bergelombang, pasangkan kembali komponen.

13. Pasangkan kembali Mur / baut ke BODY level gauge, dengan pengetatan pakai tenaga tangan saja ( asal tidak bergoyang / terpisah reflex glass dgn BODY )

14. Ketatkan dengan kunci Momen mur / baut, dengan kekuatan +/-30% dari ketentuan, dengan sequence/ urutan mulai dari mur/baut di tengah-tengah BODY, keluar sisi kiri dan kanan / atas & bawah.

15. Kunci kedua kalinya dgn kunci momen dengan kekuatan +/- 70% dari ketentuan, juga dgn urutan dari tengah keluar.

16. Perhatikan apakah perlu penggantian komponen lainnya, misalnya Packing ring P-16, dsbnya, Ganti bila perlu

17. Unit dapat di bawa kembali ke boiler, pasangkan BODY ke cock atas & bawah ( ganti head joint pn. 11, bila perlu ) Ketatkan kembali nut pn. 12.

18. Siapkan kunci momen untuk pengetatan kembali

19. Tutup drain cock, perlahan buka engkol cock atas sampai full /  quarter turn,kemudian buka engkol cock bawah sampai full / quarter turn.

20. Apabila ada merasakan safety ball cock atas terhisap, sehingga aliran tidak mau alir, ketuk perlahan pada cock atas dengan kunci inggris, safety ball akan lepas dan aliran akan lancar kembali.

21. Hidupkan boiler, tunggu sampai tekanan kerja boiler sekitar 1 bar, ketatkan dengan kunci momen semua mur/ baut sebesar 100 % dari ketentuan, mulai dari tengah ke atas & bawah secara bergantian.

22. Tunggu sampai tercapai working pressure, apabila terjadi kebocoran halus/rembesan, analisa, bila perlu biarkan saja, tunggu 15 menit lagi, apakah masih ada kebocoran halus tersebut, kalau ada di ketatkan kembali sesuai cara di atas.

23. Apabila masih terjadi kebocoran setelah di ketatkan dengan kunci momen, berarti unit tersebut harus di ganti.

Ketentuan torsi kunci momen / torque wrench utk beberapa type level gauge merk BONT :

1. BR 14 G11, size 9 = 35 Nm

2. BR 12 G11, size 9 = 60 Nm

3. BTR 28 G11, size 9 = 80 Nm