CV. Wiratama Perkasa Engineering is the representative of valves, steam system and control system
FAQ Technical

Mengapa perlu boiler Blowdown?

BOILER BLOWDOWN

Bahkan dengan program pretreatment terbaik, air umpan boiler sering berisi beberapa kadar dari kotoran, seperti padatan tersuspensi dan terlarut/TDS. Kotoran dapat tetap dan menumpuk di dalam boiler sepanjang operasi boiler terus berlanjut. Meningkatnya konsentrasi padatan terlarut/TDS dapat menyebabkan carryover air boiler menjadi uap, menyebabkan kerusakan pada pipa, steam trap dan bahkan peralatan proses.

Meningkatnya konsentrasi padatan tersuspensi/TDS dapat membentuk lumpur, yang merusak efisiensi boiler dan kemampuan transfer panas.

Untuk menghindari masalah boiler, air harus dibuang secara berkala atau "blowdown" dari boiler untuk mengendalikan konsentrasi padatan terlarut/TDS dan total padatan tersuspensi dalam boiler. Blowdown dari permukaan level air sering dilakukan secara terus menerus / continuous untuk mengurangi tingkat padatan terlarut/TDS , dan blowdown Drum bawah adalah dilakukan secara berkala untuk menghilangkan lumpur dari drum bawah boiler.

Pentingnya boiler blowdown sering diabaikan. Blowdown yang tidak benar dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang meningkat , tambahan pemakaian bahan kimia, dan kehilangan panas. Selain itu, Air blowdown  memiliki suhu dan tekanan yang sama seperti air boiler. Panas Blowdown dapat di pulihkan dan di gunakan kembali dalam operasi boiler.

Manfaat Blowdown boiler

  • Mengurangi pemakaian Air umpan, bahan bakar dan bahan kimia yang diperlukan;
  • Penghematan biaya pemeliharaan dan perbaikan (carryover dan kerak bisa diminimalkan );
  • Menghemat pengawasan manual untuk tugas-tugas lain (dengan kontrol otomatis);
  • Uap steam yang lebih bersih dan lebih efisien ;
  • Mengurangi biaya operasi (pengurangan konsumsi, pembuangan, dan pemanasan air umpan);
  • Memperkecil kehilangan energi dari blowdown boiler dapat menghemat sekitar 2 persen dari total fasilitas

penggunaan energi dengan pengembalian modal rata-rata kurang dari satu tahun

Praktik Terbaik Operasi untuk Boiler blowdown

Seperti disebutkan sebelumnya, blowdown yang tidak memadai dapat menyebabkan  carryover air boiler ke dalam uap steam atau pembentukan deposit pada pipa boiler. Blowdown yang berlebihan memboroskan  energi, air umpan dan  bahan kimia. Jumlah blowdown yang diperlukan adalah tergantung dari : Type/jenis boiler, tekanan steam, bahan kimia

dan kwalitas air umpan. Jumlah optimal blowdown biasanya dihitung dan dikendalikan dengan mengukur konduktivitas air umpan boiler. Konduktivitas merupakan indikator yang layak

dari total keseluruhan konsentrasi terlarut padat/TDS. Biasanya, percentase blowdown berkisar 4-8 persen dari kapasitas boiler , namun dapat meningkat hingga 20 persen dengan kualitas air umpan sangat buruk.

Konsentrasi maksimum yang disarankan batas menurut Produsen Boiler  American Boilers Manufacturers Associations (ABMA) tercantum dalam tabel di bawah ini :

ABMA Recommended Feedwater Chemistry Limits

Automatic Blowdown Controls

Ada dua jenis boiler blowdowns: manual dan otomatis. Pabrik yang menggunakan proses blowdown secara manual harus memeriksa sampel beberapa kali dalam sehari atau sesuai jadwal yang ditetapkan, dan menyesuaikan berapa lama waktu blowdown. Dengan blowdown boiler secara manual, operator boiler bisa terlambat untuk mengetahui kapan harus melakukan blowdown atau untuk berapa lama. Mereka ( operator boiler ) tidak bisa segera merespon perubahan kondisi air umpan atau variasi dalam pemakaian uap steam boiler oleh produksi.

Kontrol blowdown otomatis secara terus menerus memantau konduktivitas air boiler dan mengatur laju blowdown air boiler sesuai untuk mempertahankan kwalitas air yang diinginkan. Suatu probe mengukur konduktivitas dan memberikan umpan balik kepada kontroler untuk membuka dan menutup continuous Blowdown valve dengan system modulasi. Kontrol blowdown otomatis dapat menjaga tingkat blowdown air umpan hampir setinggi dengan tingkat padatan terlarut/TDS level maksimum yang diijinkan, sementara meminimalkan blowdown dan mengurangi pemborosan energy.  

Membeli dan memasang sebuah sistem kontrol otomatis blowdown dapat biaya dari US$ 7.500 sampai US$ 15.000 dengan return of investment antara 1 - 3 tahun payback period. Sebuah sistem yang lengkap harus terdiri dari Conductivity probe with temperature compensation, controller dan Continuous Blowdown valve. Menggantikan kontrol blowdown manual ke kontrol otomatis dapat mengurangi penggunaan energi boiler dengan 2 - 5 % dan mengurangi kwantitas air blowdown hingga 20 %.

Blowdown Heat Recovery System

Selain praktek blowdown yang tepat, termasuk penggunaan kontrol blowdown otomatis, mengurangi biaya dan ineffisiensi panas yang terkait dengan blowdown boiler juga dapat dicapai melalui recovery energy panas di blowdown itu. Air blowdown memiliki suhu dan tekanan yang sama seperti air boiler.

Sebelum energy panas yang tinggi dibuang, Energi panas di blowdown dapat dipulihkan/ recovery dengan flash tank, heat exchanger atau kombinasi dari keduanya. Setiap blowdown air yang  terus-menerus/continue melebihi 5 persen dari kapasitas boiler / tingkat pembangkitan steam adalah merupakan sumber yang baik untuk Waste heat recovery.  

Flash Tank

Dengan flash tank,  dapat digunakan ketika biaya dan kompleksitas harus dikurangi ke minimal. Dalam sistem ini, blowdown dari boiler dikirim melalui flash tank, di mana mereka akan dikonversi ke  tekanan uap rendah. Uap tekanan rendah biasanya digunakan dalam deaerators atau pemanas air umpan boiler dengan return of investment antara 1 - 2 tahun payback period saja. Dengan demikian, pabrik akan memperoleh energi panas gratis untuk pemanasan air umpan boiler dan dearators,

Kesimpulan

Sebagaimana disebutkan di atas, jumlah blowdown yang diperlukan dapat secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas air umpan. Oleh karena itu,meningkatkan kualitas air umpan melalui perawatan makeup air dan pengolahan kimia dalam sistem boiler dapat mengurangi biaya operasional.

Kami mensupply Continuous Blowdown system yang benar dan teruji, juga Flash tank untuk mendapatkan energy Gratis yang dapat di gunakan untuk memanaskan Tangki Air umpan Boiler maupun dearator.

Hubungi kami dan BUKTIKAN bahwa System ini dapat meningkatkan Profitibilitas Pabrik anda.